PENGARUH PENGGUNAAN MODEL QUANTUM LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA NEGERI 2 MAUMERE PADA POKOK BAHASAN FLUIDA STATIS

  • ROSMINI, Budhi Akbar, Agnesia Bergita Anomeisa IKIP Muhammadiyah Maumere
Keywords: Model Quantum Learning, Hasil Belajar Fisika

Abstract

Pengaruh Penggunaan Model Quantum Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA Negeri 2 Maumere Pada Pokok Bahasan Fluida Statis. Skripsi. Maumere: Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhamadiyah Maumere, 2018.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan model Quantum Learning terhadap hasil belajar fisika siswa SMA Negeri 2 Maumere terutama pada materi fluida statis. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Maumere pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment. Populasi penelitian ini berjumlah 100 orang yang terdiri dari empat kelas. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik Cluster Random Sampling di mana dua kelas dipilih secara acak dengan cara memberikan undian.Instrumen yang digunakan berupa tes uraian berjumlah 6 butir soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen memperoleh nilai 34,092 sedangkan kelas kontrol 30,316. Selanjutnya pada uji normalitas kelas eksperimen dan kelas kontrol pada taraf signifikansi 0,05 secara berturut-turut adalah  dan , dimana  yang artinya data berdistribusi normal. Sedangkan untuk uji homogenitas diperoleh  di mana  artinya kedua data homogen. Dan untuk uji hipotesis, diperoleh  yang menyebabkan  ditolak dan  diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengajaran menggunakan model Quantum Learning berpengaruh terhadap hasil belajar fisika siswa SMA Negeri 2 Maumere pada pokok bahasan fluida statis.

Published
2020-02-04