PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMK SANTO THOMAS MAUMERE PADA POKOK BAHASAN TERMODINAMIKA

  • KHOLIFAH IKIP Muhammadiyah Maumere
Keywords: Model Role Playing, Hasil Belajar Fisika, Termodinamika

Abstract

Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMKSt Thomas Maumere Pada Pokok Bahasan Termodinamika. Skripsi. Maumere : Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhamadiyah Maumere, 2018.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan model Pembelajaran Role Playing terhadap hasil belajar fisika siswa SMK St Thomas Maumere Pada Pokok Bahasan Termodinamika. Penelitian ini dilakukan di SMK St Thomas Maumerepada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment. Populasi target penelitian ini berjumlah 68 orang yang terdiri dari tiga kelas. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik Purposive Sampling yang dipilih sesuai criteria yang sudah ditetapkan oleh peneliti. Instrumen yang digunakan berupa tes uraian berjumlah 6 butir soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata–rata post-test kelas eksperimen memperoleh nilai 81,1 sedangkan kelas kontrol 62,2. Selanjutnya pada uji normalitas kelas eksperimen dan kelas kontrol pada taraf signifikansi 0,05 secara berturut-turut adalah <dan, yang artinya data berdistribusi normal. Sedangkan untuk uji homogenitas diperoleh <, artinya kedua data tersebut homogen. Dan untuk uji hipotesis, diperoleh  > yang menyebabkan  ditolak dan diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengajaran menggunakan model Role Playing berpengaruh terhadap hasil belajar fisika siswa SMK St Thomas Maumere Pada Pokok Bahasan Termodinamika.

Published
2020-02-04