Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Dengan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas VIII Mts Muhammadiyah Wuring

  • MUHAMMAD F.H TAMAL IKIP Muhammadiyah Maumere
Keywords: Keterampilan Proses, Metode Eksperimen, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan pendekatan proses dengan metode eksperimen terhadap hasil belajar fisika peserta didikMTs Muhammadiyah Wuring. Penelitian ini dilakukan di MTs Muhammadiyah Wuringpada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalahquasi eksperiment. Populasi target penelitian ini berjumlah 55 orang yang terdiri dari duakelas. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda sebanyak 24 butir soal. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa nilai rata–rata post test kelas eksperimen memperoleh nilai76,034 sedangkan kelas kontrol 70,08. Selanjutnya pada uji normalitas kelas eksperimen dankelas kontrol diperoleh 0,906 dan 1,376 dengan taraf signifikan 0,05 sebesar 11,07, yangartinya data berdistribusi normal. Sedangkan untuk uji homogenitas diperoleh F(2,2104 < 4,02), artinya kedua data homogen. Dan untuk uji t diperoleh hasil perhitunganharga thitung sebesar 2,475 dan harga tsebesar 2,005 dengan derajat kebebasan sebesar29 karena t hitung lebih besar dari pada t tabel (2,475 ≥ 2,005). Berdasarkan data tersebut, makadapat dikatakan bahwa peningkatan hasil belajar pokok bahasan Cahaya kelas eksperimendengan menggunakan metode eksperimen lebih tinggidibandingkan dengan kelas kontrol,sehingga dapat dikatakan ada pengaruh pendekatan proses dengan metode eksperimenterhadap peningkatan hasil belajar peserta didik

Published
2020-02-04