Pengaruh Joyful Learning Berbantuan Media Snakes and Ladders Terhadap Hasil Belajar Fisika

  • Veronika Krisdayanti IKIP Muhammadiyah Maumere
  • Pujianti Bejahida Donuata IKIP Muhammadiyah Maumere
  • Agustinus Angelaus Ete IKIP Muhammadiyah Maumere
Keywords: Model Pembelajaran joyful learning Snakes and Ladders Pembelajaran Fisika Hasil Belajar

Abstract

Penelitian tentang Joyful Learning berbantuan media Snakes and Ladders telah
dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruhnya terhadap hasil belajar fisika di
SMA Negeri 2 Maumere dengan teknik purposive sampling diperoleh sampel 65
peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimen,
menggunakan Non-equivalent control group design dengan data kuantitatif. Bentuk
instrument berupa pemberian tes/soal dengan statistika deskriptif sebagai teknik
analisis data. Data dianalisis menggunakan rumus uji indenpenden sample t-test.
Hasil uji indenpenden sample t-test dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh
model joyful learning berbantuan media snakes and ladders terhadap hasil belajar
fisika, berdasarkan hasil yang di uji thitung > ttabel (3,817 > 2,000) dengan nilai
signifikansi 0,000 < 0,05.

Published
2020-07-20