Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams-Achevement Division (Stad) Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ekonomi Kelas X SMA Muhammadiyah Maumere

  • Mohamad Amir IKIP Muhammadiyah Maumere
  • Nurdin H. Abd. Rahman IKIP Muhammadiyah Maumere
Keywords: kooperatif, uji-wilcoxon, ekonomi, STAD

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Muhammadiyah Maumere. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X-2 SMA Swasta Muhammadiyah Maumere. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis dengan uji-wilcoxon yang diperoleh nilai  = 0 dan  = 32. Dari hasil pengujian yang diperoleh dapat dilihat bahwa  <   atau 0 < 32. Hal ini menyatakan bahwa H0 ditolak yang artinya terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement divisions terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Swasta Muhammadiyah Maumere.

Published
2019-07-20