EFEKTIVITAS PEMBERIAN PRE TEST DAN POST TEST DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA

  • Pujianti Bejahida Donuata IKIP Muhammadiyah Maumere

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mengetahui apakah terdapat perbedaan prestasi belajar fisika antara siswa yang diberikan pre test dan post test pada setiap kegiatan pembelajaran dengan siswa yang hanya diberikan tugas pada setiap akhir kegiatan pembelajaran. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah randomized control group only design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 3 Kupang Tahun Ajaran 2016/2017 dalam penelitian ini diambil dua kelas sebagai sampel dari seluruh siswa kelas X di mana kelas X-MIA1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-MIA2 sebagai kelas kontrol dengan teknik penarikan sampel adalah purposive sampling. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan prestasi belajar fisika antara siswa yang diberikan pre test dan post test pada setiap kegiatan pembelajaran dengan prestasi belajar  fisika siswa yang hanya diberikan tugas pada setiap akhir kegiatan pembelajaran. Hasil dari penelitian diperoleh  -ttabel = -2,011 < thitung = 2,12 > ttabel = 2,011, maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan prestasi belajar fisika antara siswa yang diberikan pre test dan post test  pada setiap kegiatan pembelajaran dengan siswa yang hanya diberikan tugas pada setiap akhir kegiatan pembelajaran. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa pembelajaran fisika dengan pemberian pre test dan post test efektif untuk meningkatkan prestasi belajar fisika siswa.

Published
2019-11-27