Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis ekperimen riil terhadap hasil belajar

  • Imelda Seryanti Sula Watu IKIP Muhammadiyah Maumere
  • Kartini Rahman Nisa IKIP Muhammadiyah Maumere
  • Agustinus Angelaus Ete IKIP Muhammadiyah Maumere
Keywords: Model pembelajaran, Inkuiri terbimbing, Eksperimen riil, Hasil

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Talibura tahun pelajaran 2019/2020 dengan penerapan model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Eksperimen Riil pada materi Larutan Elektrolit dan Larutan Non Elektrolit. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel jenuh dimana semua populasi dijadikan sampel. Sampel dalam penelitian ini adalah  kelas X MIA 1 berjumlah 31 siswa  sebagai kelas kontrol dan  X MIA 2 berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen. Metode dalam penelitian ini adalah Eksperimen Semu dengan rancangan penelitian Posttest Control. Efektifitas model pembelajran inkuiri terbimbing ditunjukan oleh perbedaan nilai rata-rata hasil belajar yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil Penelitian menunjukan bahwa  analisis data kedua kelompok menggunakan uji-t, diperoleh hasil t-hitung  sebesar 3,2618  >t-tabel  pada taraf signifikan 5% sebesar 1,6827. Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran  inkuiri terbimbing berbasis eksperimen riil terhadap hasil belajar.

Published
2020-07-20