Pengaruh model pembelajaran problem posing dalam meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik

  • Waita Sari IKIP Muhammadiyah Maumere
  • Sunarwin IKIP Muhammadiyah Maumere
  • Kartini Rahman Nisa IKIP Muhammadiyah Maumere
Keywords: model pembelajaran, problem posing, keterampilan proses sains

Abstract

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas XI MIA SMA Negeri 2 Maumere Semester ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020.” Skripsi, Jurusan Pendidikan Kimia Fakultas Pendidikan Matematika dan IPA, IKIP Muhammadiyah Maumere 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem posing dalam meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Maumere. Penelitian ini adalah kuantitatif experimental tentang experiment kuasi yang menekankan pada peningkatan pemahaman kimia dan pemecahan masalah bagi peserta didik. Sampel penelitian yang pertama berjumlah 25 peserta didik untuk kelas experimen dengan menggunakan model pembelajaran problem posing, sampel yang kedua berjumlah 23 peserta didik untuk kelas control dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. T-tes adalah jenis statistik inferensial yang digunakan untuk menentukan apakah ada perbedaan yang signifikan antara rata-rata kedua kelompok. Diperoleh hasil thitung 3,826 dan ttabel pada taraf signifikasi 5 % sebesar 2,0189, maka thitung > ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran problem posing dalam meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik.

Published
2020-07-20