Pengaruh media video pembelajaran dalam pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar sistem koloid

  • Servulus Ade Putra IKIP Muhammadiyah Maumere
  • Kartini Rahman Nisa IKIP Muhammadiyah Maumere
  • Wahyuningsih IKIP Muhammadiyah Maumere
Keywords: problem posing, media video pembelajaran, sistem koloid, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media video pembelajaran dalam pembelajaran problem posing dan hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol pada materi sistem koloid setelah diberi perlakuan yang berbeda., penelitian ini menggunakan method eksperimen semu. Populasi yang diteliti adalah siswa kelas XI SMAN 2 Maumere dan Sampel penelitian terdiri dari peserta didik dari kelas XI MIA1 dan XI MIA3 yang ditentukan secara acak. Analisis data hasil belajar dilakukan menggunakan program perangkat lunak SPSS 25.0 for windows. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh (1) nilai rata-rata peserta didik yang dibelajarkan dengan strategi Problem Posing menggunakan video pembelajaran pada materi sistem koloid sebesar 7,5167,mengungguli nilai rata-rata peserta didik yang dibelajarkan dengan Problem Posing tanpa menggunakan video pembelajaran yaitu 5,9579. (2) alat statistik independent sample t test, menunjukan angka sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 ini berarti penggunaan media video pembelajaran dalam pembelajaran problem posing mempengaruhi hasil belajar peserta didik.

Published
2020-07-20