PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING PADA KOMPETENSI BERMAIN PERAN (ASPEK BERBICARA) DI KELAS VIII B SMP RENHA ROSARIO KEWAPANTE

  • Maria Elvi Herlina Nona, Robertus Adi Sarjono Owon, Muhammad Lautama IKIP Muhammadiyah Maumere
Keywords: Metode role playing, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kualitas hasil belajar siswa dengan menggunakam metode role playing pada kompetensi bermain peran. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII B SMP Renha Rosario Kewapante pada semester 2 tahun ajaran 2016-2017, dengan subjek penelitian sebanyak 22 siswa.

Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan tes dengan menggunakan analisis data deskriptif  kuantitaf sederhana, Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan proses penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi.

Hasil penelitian, disimpulkan bahwa metode role playing dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa pada kompetensi bermain peran siswa di kelas VIII B SMP Renha Rosario Kewapante. Hal ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya presentase sikap siswa pada aspek minat, keaktifan, kerjasama dan kesungguhan pada siklus I dan siklus II. Pada siklus I presentase sikap siswa adalah minat 68,18%, keaktifan 54,55%, kerjasama 77,27%, dan kesungguhan 45,45%. Menjadi meningkat pada siklus II yakni minat siswa menjadi 86,36%, keaktifan siswa menjadi 95,45%, kerjasama siswa 95,45%, dan kesungguhan 90,91%. Kualitas hasil dibuktikan dengan diperoleh nilai rata-rata hasil tes awal pada kompetensi bermain peran sebelum tindakan (prasiklus) yaitu 68,04 dengan ketuntasan klasikal 31,82%. Pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar menjadi 68,55 dengan ketuntasan klasikal 45,45%. Setelah tindakan pada siklus II, nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kompetensi bermain peran meningkat menjadi 83,64 dengan ketuntasan klasikal meningkat mencapai 90,91%.

Published
2019-09-30