UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN MELALUI MEDIA FILM PADA KELAS X SMA N 2 MAUMERE

  • Maria Lito Darang, Robertus Adi Sarjaono Owon IKIP Muhammadiyah Maumere
Keywords: Hasil Belajar, Cerpen Dan Media Film.

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatan kemampuan menulis cerpen pada siswa kelas X A di SMAN 2 Maumere dengan menggunakan media film. Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas (PTK). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Pendekatan kuantitatif yaitu pendekatan yang digunakan dalam penghitungan hasil belajar berupa angka-angka. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XA SMAN 2 Maumere  tahun pelajaran 2017/2018, dengan jumlah  siswa sebanyak 38 orang siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan.

Hasil penelitiaan menunjukkan bahwa penerapan materi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia tentang menulis cerpen melalui media film dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X A SMA N 2 Maumere. Hal ini dapat dilihat dalam hasil analisis siklus I dan siklus II. Pada siklus I, hasil belajar siswa sebesar 34, 22% (kategori sedang), dan pada siklus II hasil belajar siswa sebesar 89,48 % ( kategori sangat baik ).

Published
2019-09-30