Meningkatkan kemampuan menulis fabel dengan menggunakan media film animasi pada peserta didik

  • Ayu Wulandari IKIP Muhammadiyah Maumere
  • Ahmad Yani IKIP Muhammadiyah Maumere
  • Maria Ermelinda Dua Lering IKIP Muhammadiyah Maumere
Keywords: fabel, film animasi, penelitian tindakan kelas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis fabel dengan menggunakan media film animasi pada peserta didik. Penelitian ini difokuskan pada aspek permasalahan tentang keefektifan media “Film Animasi” sebagai media pembelajaran menulis teks cerita fabel pada peserta didik. Data yang diambil berupa hasil pekerjaan yang dikerjakan oleh peserta didik dalam penulisan fabel dengan pengunaan media film animasi. Penelitin ini mengunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Masalah dalam penelitian ini yaitu peserta didik belum memahami cerita fabel. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh kendala yaitu peserta didik mengalami kesulitan dalam menuangkan imajinasinya ke dalam bentuk tulisan, mengembangkan tema, dan alur menjadi sebuah cerita yang utuh.

Published
2020-07-20