ANALISI INSTRUMEN TES HASIL BELAJAR BERBASIS HIGH ORDER THINKING SKILL (HOTS) MATEMATIKA KELAS VII DI SMP MUHAMMADIYAH WAIPARE

  • Magdalena Dhema IKIP Muhammadiyah Maumere
Keywords: Instrumen Tes, High Order Thinking Skill, Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karateristik dari instrument tes matematika yang dilihat dari analisis kevalidan, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran butir soal. Instrument yang lakukan analisis adalah instrument tes barbasik High Order Thinking Skill (HOTS). Bentuk instrument ini adalah uraian sebanyak 10 soal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pendekatan kualitatif untuk menelaah instrument tes yang meliputi aspek materi, konstuksi, dan bahasa. Sedangkan pendekatan secara kuantitatif dengan menggunakan bantuan Microsoft Exel untuk menganalisis reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran butir soal.  Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMP Muhammadiyah Waipare Kelas VII semester 2. Dari hasil analisis kualitatif menunjukkan bahwa secara materi, konstruksi dan bahasa mempunyai kriteria tinggi atau diterima. Hasil analisis secara kuantitatif menunjukkan bahwa instrument tes berbasis HOTS tersebut memperoleh kriteria reliabilitas yang tinggi, daya pembeda yang mampu membedakan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik berkemampuan tinggi dengan peserta didik berkemampuan rendah, serta menunjukkan tingkat kesukaran soal yang sangat baik. Oleh karena itu, instrumen yang digunakan dalam penelitian ini dapat dikatak layak digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMP Muhammadiyah Waipare Kelas VII.

Published
2019-07-20
How to Cite
Magdalena Dhema. (2019). ANALISI INSTRUMEN TES HASIL BELAJAR BERBASIS HIGH ORDER THINKING SKILL (HOTS) MATEMATIKA KELAS VII DI SMP MUHAMMADIYAH WAIPARE. BIRUNIMATIKA, 4(2). Retrieved from http://jurnal.ikipmumaumere.ac.id/index.php/birunimatika/article/view/63