Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal-soal Persamaan Garis Singgung Lingkaran

  • Ade Elvina IKIP Muhammadiyah Maumere
  • Nurfitriah Safrudin IKIP Muhammadiyah Maumere
  • Wahyuningsih IKIP Muhammadiyah Maumere
  • Muhamad Epi Rusdin IKIP Muhammadiyah Maumere
Keywords: Analisis Kesalahan, Peserta didik, Persamaan Lingkaran, Garis Singgung, Pembelajaran Matematika

Abstract

Kesalahan menyelesaikan soal merupakan suatu bentuk kekeliruan, kesalahan ataupun penyimpangan prosedur yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan suatu permasalahan matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika terutama pada materi persamaan garis singgung lingkaran. Sesuai dengan pesrmasalahan yang diteliti, jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif dengan teknik pemeriksaan tingkat kebenaran data yang digunakan yaitu trangulasi metode. Subjek Penelitian adalah peserta didik kelas XI MIA MAS At-Taqwa Beru Maumere dengan jumlah peserta didik 14 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pemberian soal tes uraian dan wawancara. Teknik analisis data melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penyimpulan data. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan yang dominan dilakukan peserta didik terjadi pada jenis kesalahan konsep, sedangkan kesalahan prinsip dan kesalahan operasi menunjukkan hasil yang rendah dengan nilai yang sama.

Published
2021-01-20
How to Cite
Elvina, A., Safrudin, N., Wahyuningsih, & Epi Rusdin, M. (2021). Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal-soal Persamaan Garis Singgung Lingkaran. BIRUNIMATIKA, 6(1), 13-22. Retrieved from http://jurnal.ikipmumaumere.ac.id/index.php/birunimatika/article/view/230

Most read articles by the same author(s)