Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl)

  • Suwanti IKIP Muhammadiyah Maumere
  • Erwin Prasetyo IKIP Muhammadiyah Maumere
  • Magdalena Dhema IKIP Muhammadiyah Maumere
  • Muhamad Epi Rusdin IKIP Muhammadiyah Maumere
Keywords: problem based learning, kemampuan pemecahan masalah

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan pada kemampuan pemecahan masalah peserta didik melalui penggunaan model problem based learning di MTs At-Taqwa Beru Maumere. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIIA sebanyak 26 orang. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun instrumen dari penelitian yang digunakan ialah perangkat pembelajaran dan instrumen data. Perangkat pembelajaran terdiri dari rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kerja peserta didik dan buku paket. Sedangkan instrumen data terdiri dari lembar pengamatan aktivitas guru dan peserta didik. Hasil penelitian tes awal, nilai peserta didik belum tercapai dengan persentase yaitu 0% yang sudah mencapai ketuntasan belajar secara individu. Setelah pemberian tindakan diperoleh bahwa observasi aktivitas guru setiap siklus tergolong baik dengan persentase siklus I yaitu 88% dan siklus II menjadi 89%; observasi aktivitas peserta didik tergolong baik setiap siklus dengan persentase siklus I yaitu 79%, kemudian siklus II menjadi 88%; kemampuan pemecahan masalah peserta didik secara klasikal berdasarkan setiap aspek atau indikator, yaitu: memahami masalah, siklus I diperoleh 100% dan siklus II tetap 100%; membuat rencana permasalahan, siklus I diperoleh 86%, kemudian siklus II mengalami peningkatan menjadi 100%.; melakukan rencana permasalahan, siklus I diperoleh 75%, selanjutnya siklus IIĀ  meningkat menjadi 94%; memeriksa kembali dan menarik kesimpulan, siklus I yaitu 37% belum tercapai, setelah siklus II meningkat menjadi 83%. Hasil belajar peserta didik pada siklus I masih rendah yaitu 81% yang sudah mencapai ketuntasan belajar, kemudian siklus II meningkat menjadi 100%. Dari hasil penelitian dapat dikatakan bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik dengan penggunaan model problem based learning.

Published
2021-01-20
How to Cite
Suwanti, Prasetyo, E., Dhema, M., & Epi Rusdin, M. (2021). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl). BIRUNIMATIKA, 6(1), 07-12. Retrieved from http://jurnal.ikipmumaumere.ac.id/index.php/birunimatika/article/view/229