Implementasi model problem based learning untuk meningkatkan kreativitas peserta didik

  • Ramini Hardianti IKIP Muhammadiyah Maumere
  • Nurfitriah Safrudin IKIP Muhammadiyah Maumere
  • Erwin Prasetyo IKIP Muhammadiyah Maumere
Keywords: Problem based learning, Kreatifitas Peserta Didik, pembelajaran matematika, model pembelajaran

Abstract

Problem based learning adalah salah satu model pembelajaran yang selalu diawali dengan masalah. Tujuan dari penelitian ini untuk meninggikan inventivitas peserta didik. Subjek yang dilakukan adalah peserta didik kelas XI IPA II berjumlah 24 orang dengan jenis penelitian tindakan kelas. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan instrumen lembar observasi dan soal tes kreativitas. Teknik yang digunakan ialah analisis data hasil aktivitas pendidik dan peserta didik serta analisis data hasil tes kreativitas peserta didik. Setelah data dianalisis, dapat disimpulkan bahwa model problem based learning dapat meningkatkan kreativitas peserta didik.

Published
2021-01-20
How to Cite
Hardianti, R., Safrudin, N., & Prasetyo, E. (2021). Implementasi model problem based learning untuk meningkatkan kreativitas peserta didik. BIRUNIMATIKA, 6(1), 01-06. Retrieved from http://jurnal.ikipmumaumere.ac.id/index.php/birunimatika/article/view/228