Pengembangan media pembelajaran biologi berbentuk flip chart

  • Wandelina Lehan IKIP Muhammadiyah Maumere
  • Mariana Sada IKIP Muhammadiyah Maumere
  • Yuliana Dua Solo IKIP Muhammadiyah Maumere
Keywords: Pengembangan, media pembelajaran, Flip chart

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui  pengembangan sarana pembelajaran biologi berbasis flip chart pada peserta didik.  Penelitian ini,  menggunakan prosedur penelitian Borg dan Gall atau penelitian (R&D). Penelitian tersebut dilakukan di sekolah yang ada di kabupaten Sikka pada semester ganjil. Cara mengumpulkan data dalam penelitian ini berupa  angket, wawancara  dan foto. Produk akir dapat dihasilkan adalah media pembelajaran berbentuk flip chart. Hasil dari validasi desain media flip chart diperoleh hasil 88,3% dengan kategori  “sangat layak”dan hasil   validasi ahli materi memperoleh hasil 92,3% dengan kategori  “sangat layak”sedangkan hasil angket guru biologi, memperoleh hasil 86,6% berada pada kategori  “sangat layak”dan hasil angket siswa diperoleh hasil 87,32% dengan kategori  “sangat layak”. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa sarana pembelajaran biologi berbentuk flip chart pokok bahasan sistem pencernaan manusia cocok dimanfaatkan dalam  pembelajaran di kelas  atau sebagai sumber belajar bagi peserta didik. Kekurangan dalam sarana ini dapat direvisi atau dapat dikembangkan pada peneliti berikutnya  yang relevan.

Published
2020-07-20
How to Cite
Wandelina Lehan, Mariana Sada, & Yuliana Dua Solo. (2020). Pengembangan media pembelajaran biologi berbentuk flip chart. BIOS, 5(1), 34-37. Retrieved from http://jurnal.ikipmumaumere.ac.id/index.php/bios/article/view/244