Analisis kemandirian belajar peserta didik kelas XI pada mata pelajaran biologi

  • Lusia Lupan IKIP Muhammadiyah Maumere
  • Yuliana Dua Solo IKIP Muhammadiyah Maumere
  • Dian Ernaningsih IKIP Muhammadiyah Maumere
Keywords: kemandirian belajar, pelajaran biologi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemandirian belajar peserta didik kelas XI MIA 2 di SMA Negeri 1 Talibura. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 15 januari s/d 15 februari 2020. Sumber data dalam penelitian ini t e r d i r i a t a s d a t a p r i m e r d a n d a t a s e k u n d e r . D a t a p r i m e r adalah peserta didik kelas X1 MIA 2 yang berjumlah 30 orang sedangkan data sekunder dengan menggunakan dokumentasi. Metode yang digunakan bersifat deskriptif kualitatif dengan presentase. pengumpulan data diperoleh melalui angket, observasi dan dokumentasi. . Dari empat indikator kemandirian belajar peserta didik yang diteliti diperoleh hasil sebagai berikut, 1) Indikator kepercayaan diri peserta didik dalam proses pembelajaran biologi termasuk dalam kategori kurang mandiri dengan presentase sebesar 50,20%, 2) indikator disiplin dalam kategori sangat mandiri dengan presentase sebesar 80,11%, 3) indikator tanggungjawab dalam kategori kurang mandiri dengan presentase sebesar 49,58%, dan 4) pada indikator motivasi dalam kategori kurang mandiri dengan presentase sebesar 49,37%.

Published
2020-07-20
How to Cite
Lusia Lupan, Yuliana Dua Solo, & Dian Ernaningsih. (2020). Analisis kemandirian belajar peserta didik kelas XI pada mata pelajaran biologi. BIOS, 5(1), 24-28. Retrieved from http://jurnal.ikipmumaumere.ac.id/index.php/bios/article/view/239