Pengaruh model pembelajaran inquiri terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik

  • Bernadeta Yuliasih IKIP Muhammadiyah Maumere
  • Maria Ance Eting IKIP Muhammadiyah Maumere
  • Yuli Mira Syafriati IKIP Muhammadiyah Maumere
Keywords: pengaruh inquiri terbimbing, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini berjudul ”Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik”. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru biologi di SMAS St. Petrus Kewapante yang telah dilakukan pada tanggal 15 Juli 2019, bahwa di SMAS St. Petrus Kewapante belum menggunakan model pembelajaran inquiry terbimbing. Model yang digunakan di sekolah tersebut yaitu model discovery learning. Tujuan penelitian, yaitu mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik di SMAS St. Petrus Kewapante pada materi Jamur. Metode yang dipakai eksperimen semu. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik test. Hasil analisis perhitungan dengan rumus exel di peroleh dengan nilai sebesar 3,171
1,705, maka disimpulkan inquiri terbimbing berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik di SMAS St. Petrus Kewapante.

Published
2020-07-20
How to Cite
Bernadeta Yuliasih, Maria Ance Eting, & Yuli Mira Syafriati. (2020). Pengaruh model pembelajaran inquiri terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik. BIOS, 5(1), 20-23. Retrieved from http://jurnal.ikipmumaumere.ac.id/index.php/bios/article/view/238