Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis pendekatan saintifik pada materi jamur

  • Silviani Nalu Jogo IKIP Muhammadiyah Maumere
  • Dian Ernaningsih IKIP Muhammadiyah Maumere
  • Mariana Sada IKIP Muhammadiyah Maumere
Keywords: pengembangan LKPD, pendekatan scientifik, materi jamur

Abstract

mengembangkan konsep pengetahuanya serta dapat memecahkan suatau permasalahan secara mandiri. Pengembangan LKPD Pada materi pokok jamur ini menekankan pada pemahaman konsep sehingga peserta didik dapat memahami peranan jamur sesuai dengan LKPD yang dapat digunakan sebagai sarana untuk memahami konsep-konsep yang daapat dipelajari melalui soal yang terdapat pada LKPD. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Research and Development ( R&D) Dengan model pengembangan Borg and Gall. Berdasarkan hasil validasi yang dilakukan bahwa, Pengembangan LKPD dengan pendekatan saintifik materi jamur “sangat layak “untuk digunakan predikat kelayakan diperoleh setelah divalidasi oleh validator 4 ahli yaitu ahli media sebesar:81,25%,ahli materi sebesar 89,5 %.yang berarti LKPD jamur “sangat layak”untuk dikembangkan.ahli Rpp sebesar 94,60%,ahli silabus sebesar 84,6 %. Respon Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendekatan Saintifik pada materi jamur oleh guru biologi dengan perolehan hasil sebesar 95,83% dan respon peserta didik diperoleh hasil sebesar 80,925% termasuk dalam kategori “sangat layak”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKPD berbasis saintifik pada materi jamur untuk siswa SMAN 1 Talibura yang di kembangkan sangat layak digunakan bagi guru maupun siswa.

Published
2020-07-20
How to Cite
Silviani Nalu Jogo, Dian Ernaningsih, & Mariana Sada. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis pendekatan saintifik pada materi jamur. BIOS, 5(1), 15-19. Retrieved from http://jurnal.ikipmumaumere.ac.id/index.php/bios/article/view/237