Pengaruh Model Pembelajaran Concept Attainment Terhadap Aktivitas Belajar Peserta Didik

  • Alfridus Mitan Sri Gajon IKIP Muhammadiyah Maumere
Keywords: concept attainment, aktivitas belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui ada pengaruhatau tidak  model pembelajaran pencapaian konsep (Concept Attainment) terhadap aktivitas belajar peserta didik pada materi jamur  di kelas X Farmasi SMK.St Thomas Maumere. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif karena dalam penelitian ini  menggunakan data-data numerik yang diolah dengan menggunakan statistik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu menggunakan grup to grup. Berdasarkan kajian teoritis dan penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model Concept Attainment efektif  terhadap aktifitas belajar peserta didik di kelas X Farmasi Smk. St Thomas Maumere Tahun Pelajaran 2019/2020. Hal ini dapat dilihat pada hasil uji hipotesis sig. (2-tailed) < 0,005, data aktifitas belajar peserta didik mempunyai nilai F = 1,793, P > 0,005, sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak,yang artinya ada pengaruh model pembelajaran concept attainment terhadap aktifitas belajar peserta didik di kelas X Farmasi  SMK St. Thomas Maumere.

Published
2020-07-20
How to Cite
Alfridus Mitan Sri Gajon. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Concept Attainment Terhadap Aktivitas Belajar Peserta Didik. BIOS, 5(1), 11-14. Retrieved from http://jurnal.ikipmumaumere.ac.id/index.php/bios/article/view/232