Pengembangan LKPD Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Jamur

  • Agustina Yuvince Dua Mawar IKIP Muhammadiyah Maumere
  • Dian Ernaningsih IKIP Muhammadiyah Maumere
  • Yuli Mira Syafriati IKIP Muhammadiyah Maumere
Keywords: lembar kerja peserta didik, keterampilan berpikir kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis keterampilan berpikir kritis pada materi jamur. Penelitian dilaksanakan dalam semester genap yang terhitung mulai tanggal 13 januari sampai 13 februari 2020  pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas X. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg and Gall. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini untuk menganalisis kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berupa lembar pernyataan serta angket respon guru dan peserta didik. Analisis data diperoleh dengan mengumpulkan data kuantitatif dan kualitatatif. Dengan perolehan hasil respon peserta didik sebagai pengguna LKPD menunjukan presentase 95,17%  atau sangat layak digunakan. Sedangkan berdasarkan hasil respon penilaian guru biologi menunjukan peresentase  95,83%. Berdasarkan penilaian ahli media dengan peresentase  96,9% dan ahli materi yaitu 81,3%. Untuk penilaian RPP oleh ahli pembelajaran RPP diperoleh kelayakan dengan peresentase 87,5% sedangkan peresentase pengembangan silabus oleh ahli pembelajaran silabus adalah 90,4%. Hasil ini dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Published
2020-07-20
How to Cite
Agustina Yuvince Dua Mawar, Dian Ernaningsih, & Yuli Mira Syafriati. (2020). Pengembangan LKPD Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Jamur. BIOS, 5(1), 01-10. Retrieved from http://jurnal.ikipmumaumere.ac.id/index.php/bios/article/view/231